Antisipasi Kecelakaan Akibat Rem Blong, Sat Lantas Brebes Pasang Rambu di Fly Over Paguyangan

Brebes – Antisipasi kejadian kecelakaan di Fly Over (FO) Kretek Paguyangan Brebes yang diakibatkan tidak berfungsinya sistem pengereman dengan baik (Rem Blong), Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Brebes, Polda Jawa Tengah memasang sejumlah Rambu rambu, Minggu (17/9/2023).

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq melalui Kasat Lantas AKP Edi Sukamto mengungkapkan, pemasanga rambu himbauan berupa spanduk maupun banner dipasang disepajang ruas jalan Nasional tersebut dari sebelum Fly Over sampai dengan setelah Fly Over Kretek Paguyangan.

Isi imbauan atau peringatan yang tercantum di spanduk tersebut berupa: “Cek Rem sekarang, 500 Meter Didepan. Turunan Panjang”. “Cek Rem Sekarang, 100 meter Didepan Turunan Panjang” dan “Cek Rem Sekarang 50 Meter Didepan Turunan Panjang”.

Kemudian ada pula imbauan “Awas Turunan Panjang, Berbahaya, Cek Rem Sekarang”. Dan “Cek Rem Sekarang. Rem Bermasalah ? Ambil lajur Kiri. Ada Jalur Penyelamat”.

Menurut Kasatlantas Polres Brebes AKP Edi Sukamto, pemasangan rambu-rambu imbauan di sepanjang FO Kretek Paguyagan Brebes tersebut guna meminimalisasi terjadinya kecelakaan.

“Dengan harapan pengguna jalan selalu waspada dan hati-hati saat berkendara melewati jalur jalan tersebut,” ujar AKP Edi Sukamto.

Selain melaksanakan pemasangan rambu rambu, lanjut Edi Sukamto pihaknya menghimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan untuk berhati hati dan utamakan keselamatan.

“Jadikanlah keselamatan sebagai kebutuhan. Mari bersama-sama mewujudkan budaya tertib berlalulintas dan menjadi pelopor keselamatan berlalulintas guna terciptanya kaseltibcar lantas yang aman dan kondusif,” jelasnya.

Sebagai informasi, sebuah truk kontainer diduga mengalami rem blong dan menabrak mobil-motor di turunan Flyover Kretek, Paguyangan, Kabupaten Brebes, Sabtu (16/9/2023) kemarin.

Truk kontainer yang melaju dari arah selatan atau Purwokerto melaju ke utara melintas di Flyover Kretek. Saat melewati turunan flyover, truk melaju tanpa kendali sambil terus membunyikan klakson agar kendaraan di depannya menyingkir.

Dalam kondisi tidak terkendali, truk menabrak minibus nopol B 1757 FYK dan sepeda motor R 4791 HJ. Dorongan dari truk menyebabkan mobil penumpang ini terjun ke dalam selokan hingga ringsek.

Akibat dari kejadian tersebut, 2 orang korban meninggal dunia dan 5 orang luka luka. (Hms).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *