Survey Jalur Mudik, Korlantas Polri Cek Pembangunan Jembatan Pemali Brebes

Brebes – Dalam rangka menyambut Lebaran tahun 2023, Tim Korlantas Mabes Polri bersama Dirjen Bina Marga Kementrian PUPR melakukan kunjungan kerja meninjau perbaikan Jembatan Pemali Brebes sisi utara (jalur A), Kamis (2/2/2023) sore kemarin.

Kunjungan tersebut untuk memastikan progres perbaikan yang semula direncanakan selama 10 bulan dan akan selesai pada bulan Apri mendatang.

Namun dari hasi pengecekan bersama tersebut, Jembatan pemali tidak dapat selesai sebelum lebaran karena ada beberapa kendala teknis. Hal tersebut, seperti disampaikan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian.

“Perbaikan jembatan Pemali tidak bisa selesai sebelum Lebaran nanti. Ada beberapa kendala teknis yang perlu ditangani dengan serius. Salah satunya tiang pancang yang berada di tengah sungai,” jelasnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi adanya lonjakan arus saat lebaran nanti, Polres Brebes akan melakukan rekayasa lalu lintas saat pengamanan mudik lebaran tahun 2023.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Kapolres Brebes Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq saat memaparkan rencana pengamanan kepata Tim Korlantas Mabes Polri yang diwakili oleh Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari.

Kapolres Brebes mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalulintas untuk jalur mudik Lebaran. Hal ini lantaran perbaikan jembatan Pemali yang kemungkinan rampung pada bulan Juni setelah Lebaran.

Disebutkan, diwilayah Pantura Brebes terdapat  2 perbaikan jembatan. Yakni Jembatan Pemali  dan Jembatan Gempol yang ditargetkan selesai pada bulan Juni 2023 sehingga dimungkinkan pada arus mudik Tahun 2023, kedua jembatan tersebut belum bisa dilewati.

Mengantisipasi hal tersebut, disampaikan AKBP Guntur beberapa pola pengamann dan cara bertindak akan dilakukan saat pengamann lebaran tahun 2023 mendatang.  Pola pengamanan tersebut akan dilakukan baik dijalur Pantura, Tengah maupun jalur Selatan.

“Pola pengamanan sudah kita siapkan beberapa skenario untuk jalur pantura, tengah dan selatan. Apabila terjadi penumpukan di beberapa jalur pantura, kita akan melakukan alihfungsi dari kendaraannya misalnya di Jalingkut itu akan kita bikin one way,” ungkap Kapolres.

“Saat ini pantura dan tengah sudah bisa kita selamatkan dengan berbagai skenario. Kita juga akan siapkan skenario untuk jalur selatan dengan pola-pola pengamann sehingga pelayanan kepada masyarakt bisa terpenuhi diwilayah Kabupaten Brebes,” pungkasnya. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *