Polres Brebes Terima Tim Akrediitasi FKTP Klinik Bhayangkara, Ini Tujuanya

Brebes – Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq menerima kunjungan Tim survey Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Kementrian Kesehatan RI dan Biddokes Polda Jawa Tengah, Kamis 14 September 2023 kemarin.

Kegiatan survey tersebut akan dilaksanakan selama dua hari 14-15 September 2023 terhadap Polilkinik Bhayangkara Polres Brebes.

Dalam penyambutan Tim Survey yang diketuai oleh dr Sunuhardo Ekopria M.Kes tersebut dilaksanakan di aula Rupatama Tantya Sudhirajati Polres Brebes yang diikuiti oleh suluruh pejabat utama Polres Brebes.

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq dalam sambutanya menyampaikan salam hormat dan bangga dengan harapan kegiatan survey berjalan lancar dan Klinik Bhayangkara Polres Brebes menjadi salah satu klinik yang mendapatkan akreditasi.

“Kami berharap semuanya bisa berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan serta Klinik Bhayangkara Polres Brebes dapat memenuhi standar yang ditetapkan sehingga bias meningkatkan pelayanan kesehatan kepada personel Polres Brebes dan masyarakat,” ungkap Kapolres.

Katim Surveyor dr Sunuhardo Ekopria M.Kes mengatakan bahwa akreditasi klinik sangat perlu dilakukan baik itu untuk klinik pratama maupun klinik utama. Hal tersebut sebagai upaya peningkatan mutu klinik sehingga dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan di klinik.

“Akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan klinik setelah dilakukan penilaian bahwa klinik telah memenuhi standar akreditasi. Setiap fasilitas kesehatan harus memenuhi standar akreditasi yang ditetapkan pemerintah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu kerja dengan perbaikan berkelanjutan pada sistem penyelenggaraan pelayanan klinis.,” jelasnya.

Usai kegiatan penyambutan, selanjutnya tim survey melakukan pemeriksaan terhadap Klinik Bhayangkara Polres Brebes mulai dari prosedur (SOP), kebijakan dan praktik yang ada di klinik Bhayangkara serta sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Poliklinik

Tim Survey juga melakukan pemeriksaan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses akreditasi. Dokumen-dokumen ini mencakup kebijakan, standar operasional prosedur, bukti kepatuhan, catatan pasien dan evaluasi kualitas layanan, yang seluruhnya bernuara pada Mutu layanan kesehatan kepada pasien.

Sementara itu, Kasidokes Polres Brebes Ipda dr Gaza Muhammad Anjaratma mengungkapkan bahwa dalam survey akreditasi ini, tim surveyor memeriksa penyelenggaraan pelayanan kesehatan, fasilitas yang tersedia, sarana dan prasarana, serta dokumen-dokumen administrasi pendukung pelayanan kesehatan.

“Kegiatan survey yang telah dilaksanakan akan menjadi tolak ukur untuk mendapatkan predikat terakreditasi dengan hasil Paripurna, Klinik Bhayangkara Polres Brebes merupakan FKTP yang pertama kali mengikuti Penilaian Akreditasi di tingkat Kabupaten Brebes ” kata dr Gaza, Jumat (15/09/2023)

Dengan adanya survey akreditasi ini, diharapkan Klinik Bhayangkara Polres Brebes dapat memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan. Akreditasi ini akan memberikan kepercayaan masyarakat terkait kualitas dan keselamatan pelayanan medis di klinik tersebut,” pungkasnya. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *