Operasi Zebra Candi 2020 Satlantas Polres Brebes Sosialisasi Protokol Kesehatan di Angkutan Umum

Polresbrebesnews.com – Satlantas Polres Brebes bersama tim gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Brebes, gencar melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan pada angkutan umum.

Kegiatan yang langsung dipimpin Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah. Kali ini, sosialisasi dilakukan di PO Bus Dedy Jaya, Kamis (5/11/2020).

Selain melakukan sosialisasi protokol kesehatan, juga dilakukan pengecekan armada bus, sosialisasi keringanan pajak dan pembebasan sanksi administrasi kendaraan bermotor serta sosialisasi Operasi Zebra Candi 2020.

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai upaya untuk menjadikan masyarakat Kabupaten Brebes tertib dalam berlalu lintas dan patuh pada protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus covid-19 di wilayah Kabupaten Brebes.

“Kegiatan ini adalah sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di jalan raya dan menekan terjadinya laka lantas. Dan yang penting juga, agar masyarakat patuh pada protokol kesehatan,” kata AKP Putri.

Dikatakannya, kegiatan didasarkan pada Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Di masa adaptasi kebiasaan baru (new normal) ini, kami memberikan pemahaman bahwa masyarakat dapat beraktivitas seperti keadaan normal sebelum ada pandemi Covid-19. Namun dalam pelaksanaan aktifitas tersebut selalu mengedepankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Protokol kesehatan yang dimaksud yaitu memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun, dan menghindari kerumuman. Dengan demikian, diharapkan rantai penyebaran covid-19 dapat terputus.

Sosialisasi tak hanya diberikan pada awak dan pengelola bus saja tapi juga penumpang. Sosialisasi dilakukan dengan menempelkan stiker bertuliskan ajakan memakai masker “Ayo Pakai Masker” pada badan bus.

“Stiker tersebut sebagai pengingat agar penumpang sebagai pengguna jasa transportasi, juga ikut berupaya mencegah penyebaran covid-19,” tambahnya.

Terkait sosialisasi operasi Zebra Candi 2020 yang digelar mulai 26 Oktober sampai 8 November 2020, Kasat Lantas meminta agar masyarakat melengkapi diri dengan surat-surat berkendara saat bepergian. Serta selalu mengenakan masker. (HMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *