Memasuki Musim Penghujan, Polres Brebes Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam

Polresbrebesnews.com – Kepolisian Resor (Polres) Brebes menggelar Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Alam di halaman Mapolres Brebes, Senin (26/10).

Selain anggota Polres Brebes kegiatan ini juga dihadiri petugas dari Kodim 0713 Brebes, BPBD, SAR, PMI, Dishub, Dinkes dan Dinas Sosial Kab. Brebes.

Kapolres Brebes AKBP Gatot Yuilanto dalam sambutannya mengatakan apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam ini, dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya. Sehingga apabila terjadi hal – hal yang tidak dinginkan bersama seperti musibah bencana alam banjir maupun tanah longsor maka penanganannya dapat dilaksanakan secara optimal. 

Kapolres menambahkan perlu diketahui bersama bahwa berdasarkan kelender di wilayah Kabupaten Brebes sering terjadi musibah bencana alam. Di wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan di saat masuk musim penghujan hampir beberapa kecamatan di wilayah jalur selatan mengalami bencana tanah longsor seperti Kecamatan Tonjong, Kecamatan Sirampog, K?cam?tan Bumiayu, K?camatan Bantarkawung dan Kecamatan Salem. Sedangkan untuk wilayah jalur tengah seperti Kecamatan Banjarharjo. 

“Adapun musibah bencana banjir sering terjadi di wilayah kecamatan jalur pantura seperti Kecamatan Brebes, Kecamatan Wanasari, Kecamatan Bulakamba, Kecamatan Tanjung, Kecamatan Losari. Sedangkan wilayah jalur tengah di Kecamatan Ketanggungan,” lanjut Kapolres.

Dijelaskan, dengan memperhatikan beberapa bencana alam yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Brebes baik bencana alam tanah lonsor maupun banjir, maka dari itu, mari bersama sama antara Pemkab Brebes bersama dengan seluruh elemen masyarakat yang ada untuk meningkatkan soliditas dan sinergitas dalam melakukan penanganan bencana alam.

“Upaya pencegahan untuk mengantisipasi terjadinya berbagai macam bencana alam harus lebih diprioritaskan, karena upaya pencegahan jauh lebih baικ dari pada upaya penaggulangan. Oleh karena itu,  mari  bersama sama dengan instansi terkait untuk melakukan langkah konkrit dalam menanggulangi berbagai macam bencana alam yang diperkirakan akan terjadi,” terang Kapolres.

Dalam kegiatan Apel kesiapsiagaan Bencana Kab. Brebes juga dihadirkan kendaraan maupun peralatan Sarpras dalam menunjang tugas dalam rangka penanggulangan Bencana.(Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *