Kapolres Brebes, Antisipasi Terorisme, Pengamanan Mako Diperketat

Polresbrebesnews.com – Sejumlah insiden penyerangan anggota polisi di beberapa wilayah di Indonesia, terakhir aksi teror Seorang pemuda dengan membawa atribut ISIS menyerang Markas Kepolisian Sektor Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Senin (1/6/2020) dini hari, disikapi Polres Brebes, Polda Jawa Tengah untuk melakukan sejumlah antisipasi.

Salah satunya memperketat penjagaan pintu masuk Mako Polres Brebes dengan menempatkan personel tambahan bersenjata laras panjang. selain itu tamu atau siapa saja yang akan masuk mako dilakukan pemeriksaan ketat baik identitas maupun  barang bawaan.

Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto saat apel selasa pagi (2/6/2020) mengatakan, penjagaan dengan sistem SOP pengamanan Mako tersebut sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. Namun kali ini semakin diperketat untuk antisipasi penyusupan pelaku terorisme masuk ke Mapolres Brebes.

“Pintu masuk yang dulu ada dua akses , sekarang hanya satu akses yakni di untuk keluar dan masuk  Mapolres menggunakan pintu yang sama. Kami pertebal pengamanan dengan menempatkan petugas bersenjata laras panjang. Setiap pengunjung pun diperiksa secara cermat dari kemungkinan mereka membawa benda berbahaya baik personal maupun barang bawaan yang dapat mengancam keselamatan anggota,” ungkap Gatot.

Kapolres menambahkan saat malam hari atau hari libur agar gerbang mako ditutup sedangkan masyarakat yang akan berkunjung bisa ditanya identitas maupun keperluannya terlebih dahulu hal ini mencegah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan menjaga keselamatan anggota. Masyarakat diminta memahami terkait hal tersebut disamping pengamanan maupun penerapan protokol kesehatan yang dijalankan jajaran Polres Brebes.

Dijelaskan Kapolres, selain melakukan penjagaan di pintu gerbang Mapolres, pihaknya menginstruksikan kepada seluruh anggota jajaran Polres maupun Polsek untuk selalu waspada dalam setiap kegiatan baik saat di lingkungan Mako ataupun di luar. Salah satunya adalah agar tidak bertugas seorang diri saat menjalankan tugas seperti patroli dan penjagaan.

“Saat bertugas, anggota dilarang untuk berjaga sendirian melainkan harus ada rekan lain yang selalu siap siaga untuk saling melindungi. Biasanya dalam satu kelompok tugas, ada satu anggota yang membawa senjata laras panjang dan posisinya selalu membelakangi untuk mengawasi kemungkinan kehadiran orang asing yang mengancam keselamatan mereka, atau istilahnya body system,” kata Kapolres Brebes.

Selain pemeriksaan identitas dan barang bawaan, terlihat beberapa pengunjung Mapolres Brebes juga diharuskan memakai masker dan cuci tangan dengan sabun sebelum memasuki Mako. Hal ini sesuai dengan protokol kesehatan dalam rangka penerapan new normal di lingkungan Polres Brebes.(Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *