Kanit Dikyasa Satlantas Polres Brebes Tekankan Pentingnya Kelengkapan Berkendara

Polresbrebesnews.com – Perlengkapan motor seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu, dan lainnya, wajib dipakai oleh pengendara. Banyak keuntungan yang bisa dirasakan biker jika menggunakan perlengkapan motor yang benar, terutama dari sisi keselamatan.

Kasat Lantas Polres Brebes AKP Putri Noer Cholifah melalui Kanit Dikyasa Iptu Ibnu Setyadi dihadapan para pemohon SIM yang mengikuti kegiatan safety riding  yang diadakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke 74, beberapa waktu lalu menerangkan, setidaknya ada empat fungsi perlengkapan berkendara.

1. Mengurangi risiko kematian atau cedera jika terjadi kecelakaan.

2. Menjadikan pengendara mudah terlihat di jalan raya.

3 melindungi tubuh dari sinar matahari, angin, dan suhu udara.

4. Memberikan kenyamanan selama berkendara.

Kanit Dikyasa menambahkan, ada empat perlengkapan wajib bagi pengendara, yaitu:

1 Helm

Helm berfungsi sebagai pelindung bagian tubuh yang sangat vital yaitu kepala. Pilih helm ber-SNI dan pastikan tali pengikat dagu terpasang dengan benar. Helm full face lebih baik melindungi kepala daripada helm hallf face.

2. Pakaian

Pakaian tangan panjang dan celana panjang sangat dianjurkan karena dapat mengurangi efek tergores dan benturan ketika jatuh. Pilih pakaian dengan ukuran yang sesuai dan dapat dengan bebas melakukan gerakan. Sangat dianjurkan menggunakan pakaian dan jaket berwarna terang dan mudah untuk dilihat ketika berlalu lintas.

3. Sarung tangan

Sarung tangan berfungsi melindungi tangan dari luka gores dan memberikan kenyamanan ketika berkendara. Pilih ukuran yang sesuai dengan tangan. Sarung tangan dari bahan kulit lebih baik dalam melindungi.

4. Sepatu

Sepatu berfungsi melindungi kaki. Pilih yang sesuai dengan ukuran kaki, bertumit, serta bertapak yang tidak licin.(Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *