Dukung Ketahanan Pangan Sinergitas Polri, TNI dan Pemkab Brebes Gelar Panen Raya

Polresbrebesnews.com – Ditengah pandemi Covid-19 Kab. Brebes menggelar Panen Raya Padi di Desa Baros Kec. Ketanggungan Brebes, Rabu (22/7/2020).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes Yulia Hendrawati dalam sambutannya mengatakan, di periode Januari-Juli ini ada 71,890 hektar (ha) lahan pertanian yang ditanami padi. Dari jumlah itu, produksi padi diperkirakan 403,279 ton gabah kering giling. Dan produksi mencapai 5,61 ton/HA atau setara dengan beras 239.607 Ton gabah kering.

“Dari produksi gabah yang dihasilkan itu, setara dengan 239,607 ton beras. Dengan konsumsi beras dari Januari-Juli yang mencapai 108,772 ton beras, artinya stok beras di Brebes surplus 130,835 ton beras,” jelasnya

Mantan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) ini menjelaskan dimasa pandemi Covid-19 petani tidak bisa menjalankan himbauan pemerintah dengan bekerja di rumah/WFH. “Mohon Maaf sebelumnya kalau Para petani tidak bisa menjalankan program pemerintah yaitu Work From Home(WFH) karena pekerjaan mereka tidak bisa di bawa kerumah,” canda Yulia

Tak sampai disitu, dalam upaya memaksimalkan dan menjaga ketahanan pangan, pihaknya terus memberikan pelatihan pertanian kepada para petani. Dengan harapan, hasil produkai pertanian di Brebes bisa maksimal.

“Dan kami ucapkan terimakasih kepada TNI-Polri dan para petani yang telah ikut membantu dalam mensukseskan swasembada pangan di Brebes, apresiasi kepada Polres Brebes yang beberapa saat lalu berhasil ungkap kasus pupuk palsu jadi tidak merugikan petani di Kab. Brebes” ucapnya.

Sementara itu Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto melalui kasat Binmas AKP Kamal Hasan menyatakan kegiatan Panen Raya ini sebagai wujud sinergitas TNI, Polri dan Pemkab. Brebes dalam menjaga ketahanan Pangan di tengah Pandemi Covid-19. “Di tengah Pandemi Covid-19 Polri dengan Comander wish Kapolri dan kebijakan Kapolda Jateng mendukung Program Ketahanan Pangan dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat,” ujar Kamal.

Hadir dalam kegiatan panen raya masa tanam kedua tersebut Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto, perwakilan Dandim 0713/Brebes. Beserta Kepala dan staf SKPD di lingkungan Pemkab Brebes serta Gapoktan Desa Baros(Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *