Bersama Ribuan Peserta, TNI Polri Ikut Sukseskan Kirab Bendera Merah Putih

Brebes – Bersama dengan ribuan peserta lainya, puluhan anggota dari Polres Brebes dan Kodim Brebes ikut berpartisipasi mengarak bendera merah putih sepanjang 1001 meter dalam acara Kirab Merah Putih Harmoni Nusantara Bangkit, Sabtu (27/11/2022) kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan dijalan Jenderal Sudirman dengan start di SDN Brebes 01, kemudian iring-iringan menuju Alun-alun Kota Brebes berjarak sekitar sekitar 2 kilometer lebih.

Selain bendera merah putih sepanjang 1.001 meter, ada juga bendera merah putih yang diarak masyarakat sepanjang 707 meter. Termasuk replika Garuda Pancasila berukuran 5 x 5 meter yang diusung oleh gabungan personel TNI Polri dan 3.000 panji merah putih.

Sekertaris Daerah Kabupaten Brebes Djoko Gunawan mengatakan, kirab Merah Putih Harmoni Nusantara Bangkit, digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Bendera merah putih yang dikirab ada dua, yakni sepanjang 1.001 meter dan 707 meter.“

Kirab ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Ini dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme kita, terutama kepada adik-adik pelajar kita,” kata Djoko Gunawan.

Hal yang sama disampaikan oleh Wakil Bupati Brebes Bapak Narjo yang didampingi oleh jajaran Forkopimda saat akan melepas start peserta kirab. Disampaikan kegiatan tersebut mempunyai makna cukup penting karena kirab ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan rasa Nasionalisme dan cinta tanah air kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Nasionalisme harus terus kita kobarkan, karena Nasionalisme menjadi benteng terkuat bersama-sama dengan agama terhadap arus negatif yang selama ini mencoba mempengaruhi tatanan masyarakat kita,” jelasnya.

Sementara itu, selama kegiatan berlangsung Polres Brebes menerjunkan ratusan personel bersama dinas terkait lainnya untuk mengamankan kegiatan tersebut.

Selama kegiatan berlangsung, Jajaran Satlantas melakukan rekayasa lalu lintas untuk kendaraan dialihkan melalui jalan A.Yani sedangakan kendaraan besar dialihkan dari exit toll brebes timur dan exit toll brebes barat.

Jalur kembali dibuka normal sekitar pukul 16.30 Wib dengan selesainya Kirab Merah Putih Harmoni Nusantara Bangkit. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *