Wakaplres Brebes hadiri Latihan penanggulangan Bencana Alam Erupsi Gunung Slamet di Sirampog

Polresbrebes.com – Wakapolres Brebes Kompol Suryo Wibo SIK hadiri latihan gabungan bersama seluruh komponen bangsa di wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yaitu Latgulbencal (Latihan Penanggulangan Bencana Alam) erupsi Gunung Slamet, dan kali ini latihan digelar di wilayah Kecamatan Sirampog, Selasa (03/11).

Kegiatan ini di pimpin oleh Danrem 071 Wijayakusuma, Kolonel Infanteri Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, selaku Komandan Latihan PRCPB (Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) Jajaran TNI SertaPemda, BPBD, PMI, Ormas, LSM, para relawan dan seluruh komponen masyarakat

Kegiatan ini untuk melatihkan tentang teknik, prosedur, dan tata kerja yang berlaku mulai dari tahap perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan saat terjadi erupsi Gunung Slamet yang sebenarnya.

“Bencana alam merupakan suatu peristiwa luar biasa yang dapat menimbulkan kerugian baik harta benda maupun jiwa, oleh karena itu dalam penanganannya diperlukan kecepatan, ketepatan dan terintegrasi, sehingga mempercepat dan memperingan penanganannya,” paparnya Ucap Danrem 071

Dijelaskannya lanjut, penanganan bencana alam alam, yaitu mulai dari peringatan dini (pra bencana), evakuasi masyarakat, penyiapan tempat pengungsian yang aman sehingga memudahkan pemberian bantuan kemanusiaan (bencana), serta tahap pasca bencana yang meliputi perbaikan infrastruktur dan fasilitas umum, dan membantu merehabilitasi kerusakan rumah masyarakat.

Sedangkan para pelaku latihan yang terdiri dari 150 orang meliputi TNI gabungan, Polri, BPBD, Tim SAR, PMI, Dinkes, Banser, Kokam, RAPI, Pemuda Pancasila, Linmas, dan Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 08 Bumiayu. 

“Kegiatan ini sebagai mitigasi bencana alam. Masyarakat harus tahu bahwa TNI bersama seluruh komponen di wilayah sudah siap membantu mereka jika terjadi bencana,” sambungnya.

Sementara itu Wakapolres Brebes Kompol Sureo Wibowo SIK mengatakan bahwa pihak kepolisian akan terus bersinergi dengan TNI dan juga pemkab Brebes dalam kesiapsiagaan penanganan bencana alam. “Peralatan dari Polres Brebes pasukan juga sudah dilatihkan tadi bagai mana cara bertindak dan bersinegi dengan instansi lainya untuk menangani bencana alam,”imbuhnya. (hms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *