Siaga Bencana, Polres Brebes Gelar Apel Siaga Tim SAR Dan Relawan Arnavat

Brebes – Dalam rangka kesiapan dini sebagai antisipasi kejadian bencana alam yang sewaktu waktu bisa terjadi diwilayah Kabupaten Brebes, Polres Brebes Polda Jawa Tengah menggelar apel siaga siaga Tim SAR dan Relawan SAR Arnavat Satpolair Polres Brebes, yang dilaksanakan dihalaman Mapolres Brebes, Kamis (21/12/2023).

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Arwansa mengatakan apel siaga bencana ini sebagai wujud kewaspadaan dini dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana alam di wilayah Kabupaten Brebes.

Selain itu, apel siaga tersebut juga diiukuti oleh Tim SAR dan relawan SAR Arnavat  dalam rangka antisipasi banjir, rob dan laka air serta pertolongan di wilayah pesisir Jawa Tengah.

Hal tersebut disebutkan Wakapolres karena masih banyaknya korban nelayan meninggal akibat laka laut dan juga laka perairan di bendungan serta sungai di wilayah hukum Polda Jateng.

“Maka kiranya diperlukan kemitraan dengan masyarakat pesisir atau perairan guna perbantuan pertolongan yang lebih efektif dan efesien. Keberadaan relawan SAR Arnavat ini terus kita bina dan kembangkan,” kata Wakapolres Kompol Arwansa.

Disampaikan Wakapolres, melalui apel siaga ini juga diharapkan bisa terwujud adanya kesamaan persepsi dan cara bertindak dalam kegiatan SAR penanganan bencana, sehingga akan dapat memperkecil kerugian jiwa maupun kerugian materiil.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada personel SAR dan relawan untuk selalu siap siaga dan laksanakan pelatihan kemampuan personel  serta pemeriksaan peralatan dan selalu bersinergi dengan intansi terkait lainya.

“Siagakan kesiapan personel baik tim SAR maupun relawan yang akan melaksanakan tugas apabila sewaktu-waktu terjadi bencana. Serta inventarisir peralatan yang digunakan untuk kegiatan SAR dan tetap jaga sinergitas dengan instansi terkait dan potensi SAR yang ada,” terang Wakapolres.

Usai apel siaga yang diikuti oleh unsur TNI Polri, BPBD, Damkar dan Relawan SAR Arnavat serta dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Brebes tersebut dilanjutkan dengan pengecekan alat maupun sarana prasarana SAR.

Sementara itu, ditambahkan oleh Kasat Polair Polres Brebes AKP Suratman bahwa Tim SAR Arnavat merupakan gabungan dari berbagai Instansi dan warga disekitar perairan yang telah dibentuk dan dikukuhkan oleh Kapolres Brebes beberapa waktu yang lalu di kawasan Obyek Wisata Pantai Randusanga Indah Brebes.

“Tim SAR Arvanat ini turut membantu tugas pemerintah terkait dengan visi misi kemanusiaan dalam kesiapsiagaan apabila terjadi bencana alam dan adanya musibah kecelakaan diwilayah  perairan khsusunya di Kabupaten Brebes,” terang Kasat Polair AKP Suratman. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *