Polsek Wanasari Bersama Sat Lantas Polres Brebes Polda Jateng Edukasi Tertib Berlalulintas Dan Kenakalan Remaja

Brebes – KSPK Polsek Wanasari Aiptu Sumarso bersama Anggota Kamsel Sat Lantas Polres Brebes Polda Jateng Aipda Destian, S.H. melaksanakan kegiatan Binluh  dan menjadi narasumber di SMA Muhammadiyah Wanasari, Rabu (13/09/2023).

Adapun materi yang di sampaikan terkait kenakalan remaja seperti, tawuran, balap liar, aksi corat-coret maupun minuman keras. Disampaikan pula tentang bahaya narkoba, untuk itu dihimbau kepada para pelajar agar menjauhi narkoba karenaakan merusak masa depan.

“Kami mengajak para siswa untuk ciptakan suasana persaudaraan sesama pelajar, baik pelajar dalam lingkungan sekolah maupun pelajar yang berasal dari sekolah lain, karena kita ketahui bahwa remaja usia sekolah setingkat SMA sangat rentan terhadap yang namanya kenakalan remaja,” ujar Aiptu Sumarso.

Lanjut Aiptu Sumarso dalam era digitalisasi sekarang hendaknya lebih bijak dalam menggunakan media social. “Kami menghimbau kepada semua pihak agar menerapkan atensi dari pihak Kepolisian, khusunya bagi para guru dan murid yang aktif dalam bermedsos agar selalu membatasi rambu-rambu opininya. jangan sampai membuat pengguna medsos yang lain terprovokasi, maupun melanggar norma dan aturan yang berlaku.” Tutur Aiptu Sumarso.

Pada kesempatan ini Aipda Destian memberikan materi tentang tertib berlalu lintas. Dijelaskan bahwa banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar, salah satu penyebabnya karena pemahaman tentang tata tertib berlalu lintas dikalangan pelajarmasih minim  dan oleh karena itu pentingnya pemahaman tatacara disiplin berlalu lintas di jalanraya bagi para pelajar yang sudah usia dewasa,  Seperti menggunakan kelengkapan berkendaraanantara lain memakai Helm standar, melengkapi kendaraan dengan spion, memasang plat Nomer Polisi yang sesuai standar, membawa SIM dan STNK serta memperhatikan etika berkendaraanyakni mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan.

Aipda Desatian berpesan dan juga menghimbau khususnya kepada para siswa baru agar jangan dulu mengendarai sepeda motor sendiri ke sekolah sebelum usia dewasa.

Pada kegiatan tersebut juga di adakan pelatihan tata cara uji Surat Izin Mengemudi (SIM) yang benar sehingga dapat memberi gambaran apabila akan membuatnya.  (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *