Operasi Lilin Candi 2023 Dimulai, Kapolres Brebes Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Nataru

Brebes – Bertempat dihalaman Mapolres Brebes, Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq memimpin apel Gelar pasukan Operasi Lilin Candi Tahun 2023, Jumat (22/12/2023) sore.

Apel diiukui oleh jajaran TNI Polri, BPBD, Dishub, Satpol PP, Dinas Kesehatan, PMI, Senkom dan gabungan Organisasi Masa (Ormas) serta Mitra Kamtibmas lainya.

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq mengatakan apel gelar pasukan Operasi Lilin 2023 dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan natal 2023 serta tahun baru 2024 (nataru) dapat berjalan dengan optimal.

Disampaikan Kapolres Brebes, pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Presiden Joko Widodo bahwa, natal dan Tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok.

“Hal tersebut penting karena momentum nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat,” kata Kapolres Brebes dalam amanatnya.

Kapolres Brebes menyebut, sasaran pengamanan dalam kegiatan Operasi tersebut adalah tempat ibadah masyarakat, lokasi wisata dan pusat keramaian serta bidang Kamseltibcar lantas dan kegiatan masyarakat lainya yang berpotensi menjadi gangguan Kamtibmas.

Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan nataru, Kapolres Brebes mengatakan Polri didukung TNI, Pemda, mitra kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai tanggal 22 desember 2023 s.d. 2 Januari 2024.

Salah satu hal yang menjadi perhatian selama pelaksanaan Pengamanan Nataru disebutkan Kapolres Brebes adalah perlu diwaspadai masih adanya ancaman terorisme.

Oleh karena itu, pihaknya meminta laksanakan deteksi dini dan upaya preventive strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya. Serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah natal ataupun malam pergantian tahun.

Ditekankan Kapolres, untuk mengantisipasi hal tersebut khususnya pada sisi Kamtibmas, untuk menjamin pelaksanaan ibadah natal berlangsung dengan aman dan khidmat, pihaknya meminta untuk memastikan setiap lokasi ibadah sudah disterilisasi dan libatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama, serta pastikan kehadiran Negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat.

“Sebagai kunci utama keberhasilan operasi adalah terus tingkatkan sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas,” terang kapolres.

Sementara itu, dalam pengamanan Operasi Lilin Candi 2023 tersebut Polres Brebes melibatkan sebanyak 205 personel. Mereka akan ditempatkan di 23 Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan yang tersebar di wilayah Kabupaten Brebes yang meliputi Pospam Jalur, Pospam Wisata dan Pospam Gereja serta Pos Terpadu. (Hms).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *