Melalui Apel Satkamling, Polres Brebes Ajak Masyarakat Ciptakan Kamtibmas Kondusif Jelang Pemilu.

Brebes – Polres Brebes melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) mengajak kepada masyarakat mengaktifikan kembali Satuan keamanan lingkungan (satkamling) secara konsisten dan kontinue. Dimana seluruh komponen masyarakat harus selalu peka dan peduli dengan lingkungan sekitarnya.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Kasat Binmas AKP Puji Haryati yang mewakili Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq pada saat menjadi pembina dalam Apel Kaposkamling di desa Padasugih Kecamatan Brebes, Jumat (2/2/2024penezenka portlnd zapatipas runnng nike amprtiguacipn yeezy shoes football jersey maker yeezy shoes γιλεκο γυ sublimated baseball jerseys sublimated jerseys finch fischerhut custom jersey fede sandaler 2017 cheap jerseys univerzalne knizkove puzdro na mobil univerzalne knizkove puzdro na mobil crib and dresser set Canada) malam.

Dikatakan AKP Puji, Satkamling adalah salah satu unsur yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang merupakan pengemban fungsi kepolisian yang dibentuk oleh warga masyarakat atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan utk mengamankan lingkungannya.

“Hal itu sebagaimana diterangkan dalam perkap nomor 4 Th. 2020 tentang pengamanan swakarsa,” kata Kasat Binmas AKP Puji Haryati.

Disampaikan juga dalam struktur yang terbaru Satkamling terdiri atas Ketua dan pelaksana satkamling. Disebutkan Puji, dalam pasal 38 Perpol nomor 4 tahun 2020 mempunyai tugas antara lain menyelenggarakan kamtibmas di lingkungannya serta melindungi dan mengayomi masyarakat di lingkungannya.

“Adapun peran satkamling dalam pelaksanaan tugasnya antara lain membantu Polri dan Kepala desa dibidang pembinaan Kamtibmas, menegakan peraturan tata tertib serta menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan dilingkungan ya,” lanjut Puji.

Kasat Binmas juga mengungkapkan bahwa situasi Kamtibmas tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat, baik kelompok Satkamling maupun potensi masyarakat lainnya.

“Oleh karena itu Polri sangat berharap kepada pemerintah daerah sampai ke tingkat desa dan kepada segenap masyarakat, untuk tetap mendorong pengelolaan satkamling ini dengan sebaik-baiknya, guna terwujudnya daya cegah, daya tangkal dan daya lawan terhadap setiap potensi gangguan kamtibmas yang muncul di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Terkait dengan tahapan pelaksanaan pesta demokrasi, Pemilu 2024, pihaknya juga menginstruksikan kepada Kapolsek dan seluruh anggota untuk bersinergi dengan unsur Forkompincam agar senantiasa aktif mendinamisir komponen warga masyarakat jelang Pemilu Presiden, Wakil Presiden, dan calon legislatif pusat maupun daerah.

“Maksimalkan sinergitas bersama 3 (tiga) pilar yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kades untuk berbuat berupaya guna menjaga wilayahnya sehingga pemilu berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,” lanjutnya.

“Melalui kegiatan ini, harapan dan pesan kami, seluruh komponen masyarakat selalu peka dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. Jika melihat ada hal-hal yang mencurigakan, segera laporkan kepada aparat keamanan atau perangkat desa yang ada sehingga setiap ada permasalahan dapat secara cepat terselesaikan dengan baik,” pungkas Kasat Binmas AKP Puji Haryati. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *