Kapolsek Losari Himbau Petani Agar Tidak Membakar Jerami Dekat Jalan Tol

Brebes – Guna mencegah terjadinya kecelakaan di jalur arus balik akibat asap tebal dari pembakaran ilalang dan jerami di jalur mudik 2024, jajaran Polsek Losari Polres Brebes melakukan langkah langkah preventif dengan menyambangi petani pemilik lahan sawah yang lokasinya berdekatan dengan jalan tol.

Kapolsek Losari AKP Sodikin, S.H. mengungkapkan kegiatan tersebut menindak lanjuti pentunjuk dan arahan dari pimpinan untuk memberikan sosialisasi kepada petani atau warga terkait bahaya membakar jerami yang lokasinya berdekatan dengan jalan tol

Diketahui, kebiasaan pascapanen biasanya para petani membersihkan jerami, di antaranya dengan cara dibakar. Nah, kebiasaan seperti itu, kata Kapolsek, sebaiknya tidak dilakukan lagi.

“Apalagi lokasinya berdekatan dengan jalan tol, karena asap tebal dari sisa pembakaran bila masuk ke ruas jalan tol akan mengganggu jarak pandang pengendara, sehingga akan berakibat fatal,” katanya, Sabtu (13/04/2024).

Selain itu, imbauan kamtibmas pun disampaikan Kapolsek bersama jajarannya kepada warga binaannya agar bersama-sama menjaga lingkungan tempat tinggal. Ia meminta segera lapor pada pihak kepolisian bila menemukan hal-hal yang berkaitan dengan tindak pidana.

“Perintah dari Kapolres untuk jajaran Polsek yang wilayah hukumnya dilintasi oleh jalan tol, wajib menyampaikan pada warganya agar tidak membakar ilalang, rumput kering atau jerami di sepanjang area jalan tol, karena bisa membahayakan pengendara terutama di jalur mudik 2024,” pungkasnya. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *