Cegah Radikalisme, Kanit Binmas Polsek Bantarkawung Sampaikan Nilai Pancasila Dalam Seminar Kebangsaan

Brebes – ‘Seminar Kebangsaan Dengan Tema Penguatan Karakter Kebangsaan Jelang Pemilu 2024’ menjadi tema utama yang dibahas dalam seminar kebangsaan yang diadakan di Gedung NU Desa Pangebatan Kec. Bantarkawung, Sabtu (20/5) siang. Para peserta Perwakilan Warga Masyarakat masing masing Desa Se- Kec. Bantarkawung Kab.Brebes sangat antusian kegiatan yang di inisiasi oleh yayasan binaul izzah kab. Brebes.

Kanit Binmas Aiptu Asep menjelaskan menyikapi maraknya radikalisme yang mengancam Indonesia, pentingnya Seminar Kebangsaan untuk memberikan pemahaman agar tidak terjerumus dalam perilaku maupun paham radikal. Ideologi Pancasila dan mendalami agama dinilai sebagai tameng untuk menangkal gerakan ekstrim radikal. “Kami Sampaikan materi Pancasila sebagai Karakter Bangsa dan Pemersatu Bangsa Indonesia  dalam mencegah paham Radikalisme di masyarakat,” ujar Kanit Binmas

Para peserta nampak antusias dan aktif bertanya sepanjang acara berlangsung. Harapannya, acara Seminar Kebangsaan dapat menjadi salah satu cara menangkal paham-paham radikal yang dapat menjerumuskan pemuda dalam perilaku ekstrem yang dapat membahayakan NKRI.

Lanjutnya, dalam mencegah dan menangkal radikalisme, semua pihak memerlukan pemahaman yang utuh tentang paham tersebut. Termasuk apa saja ciri-cirinya, seperti apa indikasi seseorang terpengaruh awal mula masuk, cara pengaruh di kehidupan sosial, serta bagaimana paham ini menyebar.

“Kegiatan ini dapat menjadi langkah strategis bagi masyarakat untuk mencegah dan menangkal penyebaran paham radikalisme di lingkungan kita. Oleh karena itu kita implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara “NKRI Harga Mati,” pungkas Kanit Binmas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *