Antisipasi Kecelakaan Terulang Di Fly Over Kretek, Forum Lalulintas Gelar Koordinasi. Ini Hasilnya

Brebes – Pasca kejadian kecelakaan lalulintas yang diduga akibat system pengeraman yang tidak berfungsi dengan baik terjadi di jalan Nasional, tepatnya di Fly Over Kretek Kecamatan Paguyanagan Kabupaten Brebes beberapa hari yang lalu, upaya untuk meminimliasir terjadinya kecelakaan lalu lintas terus dilakukan oleh jajaran Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Brebes Polda Jawa Tengah.

Salah satunya yakni dengan pemasangan sejumlah rambu peringatan yang dipasang disepanjang jalur sebelum memasuki Fly Over sampai dengan arah menuju petigaan jalur lingkar Bumiayu.

Selain itu, jajaran Satlantas Polres Brebes juga melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan juga menjalain komunikasi bersama sejumlah tokoh masyarakat diwilayah Brebes selatan yang peduli dengan kasus kecelakaan tersebut sebagai upaya untuk mengantisipasi terulang kembali kasus kecelakaan.

“Kemarin, kami bersama perwakilan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Jawa Tengah menemui sejumlah tokoh masyarakat duduk bersama dan membahas upaya upaya sebagai antisipasi kecelakaan di Fly Over Kretek Paguyangan,” kata Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq yang diwakili oleh Kasat Lantas AKP Edi Sukamto, Selasa (19/9/2023).

Disampaikan Kasat Lantas, terkait sering terjadi kecelakaan di Flyover Kretek pihaknya sudah melakukan upaya memasang banner tentang himbauan pengecekan rem yang tersebar di beberapa titik.

Selain itu menurutnya, juga memaksimalkan penggunaan dua jalur penyelamat Fly Over Kretek dan harus ada sterilisasi di jalur penyelamat dan penambahan rambu lalu lintas sehingga pengemudi yang baru melintas bisa memahami dan mengetahui adanya jalur penyelamat.

“Kita juga akan melakukan komunikasi dengan jembatan timbang yang ada di Ajibarang untuk di fungsionalkan, kemudian kita akan melakukan penindakan terhadap kendaraan yang melebihi beban (overload) termasuk rem check kendaraan yang akan melintas di Fly Over Kretek,” lanjutnya.

“Kami juga sudah komunikasi dengan Dishub termasuk kehadiran jembatan timbang portabel dan rambu-rambu yang sudah pudar akan di perbaharui kembali,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat yang hadir Slamet Riyadi menyampaikan apresiasi terhadap jajaran Forum Lalulintas atas respon cepat yang diberikan. Menurutnya, warga yang tinggal di ruas jalan Flyover Kretek masih mengalami trauma akibat sering terjadi kecelakaan dilokasi tersebut.

“Alhamdulillah, dari pihak Polres Brebes dan Forum lalulintas merespon dengan baik dan akan dilakukan tindakan-tindakan. Kami sangat menunggu langkah nyata dari pemerintah untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat,” tuturnya. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *