Selama Pikada, Kantor KPU – Bawaslu Brebes Jadi Fokus Patroli Polisi

Brebes – Sejak digelarnya Operasi Mantap Praja secara serentak yang dimulai akhir Agustus 2024, jajaran Kepolisian berkomitmen untuk mensukseskan jalanya pesta demokrasi tersebut dengan aman lacar aman dan kondusif.

Kegiatan dalam rangka pengamanan Operasi tersebut pun digelar dengan melibatkan stakeholder terkait dalam setiap tahapan pelaksanaan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, yakni Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilhan Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota diseluruh Indonesia secara serentak.

Di Polda Jawa Tengah kegiatan Operasi dilaksanakan dengan sandi “Operasi Mantap Praja Candi 2024.

Memasuki masa kampanye saat ini, Polres Brebes memperkuat kegiatan patroli malam untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya preventif untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan selama tahapan Pilkada berlangsung.

Kapolres Brebes AKBP Achmad Oka Mahendra melalui Kasubsi PIDM Humas Polres Brebes selaku Kasatgas Humas Operasi Mantap Praja Candi 2024 mengatakan, patroli ini difokuskan pada daerah-daerah yang rawan, terutama lokasi yang berpotensi menjadi pusat keramaian selama masa kampanye.

Salah satu yang jadi fokus patroli yakni di kantor KPU dan Bawaslu setempat. Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh piket Siaga Kompi Polres Brebes pada Sabtu (28/9/2024). Selain Patroli, Polres Brebes juga melakukan pengamanan berupa penjagaan tetap juga dilakukan di 2 (dua) kantor tersebut.

Indra menyebutkan, kegiatan Patroli tersebut rutin digelar sejak berlangsungnya Operasi Mantap Praja Candi. Tak hanya kantor KPU dan Bawaslu, namun juga sejumlah titik keramaian.

“Kegiatan patroli ini bertujuan untuk memastikan situasi tetap aman dan kondusif, terutama menjelang pelaksanaan tahapan-tahapan penting dalam proses pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Brebes,” terang Iptu Indra Prasetyo.

Ia menambahkan bahwa Polres Brebes akan terus melaksanakan patroli secara intensif untuk memastikan seluruh proses dalam pesta demokrasi dapat berlangsung dengan lancar dan tertib.

“Kami ingin menciptakan lingkungan yang aman bagi seluruh warga, terutama menjelang pilkada ini dan diharapkan masyarakat juga peduli terhadap pentingnya menjaga kamtibmas di daerah mereka masing – masing,” imbuh Indra.

Di Kabupaten Brebes sendiri, selama tahapan Pilkada dan memasuki tahapan Kampaye saat ini hanya diikuti 1 (satu) pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, yakni Paramitha Widya Kusuma dan Wurja. Indra menyebut, bahwa seluruh tahapan Pilkada dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

“Seluruh proses tahapan Pilkada sampai dengan sekarang ini masa Kampanye, alhamdulilah berjalan aman dan lancar serta wilayah Kabupaten Brebes tetap kondusuif selama  tahapan Pilkada 2024 berlangsung,” tutupnya. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *