Puluhan Rumah Di Wilayah Brebes Terendam Banjir Akibat Luapan Sungai

Brebes – Puluhan rumah di Desa Tegalglagah dan Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes diterendam banjir sejak Sabtu (7/1/2023) hingga Minggu (8/1/2023).

Kapolsek Bulakamba AKP Ibnu Setiadi mengatakan, banjir yang menerjang puluhan rumah di Desa Kluwut dan Desa Tegalglagah lantaran intensitas hujan tinggi sejak Sabtu (7/1/2023) sore hingga Minggu (8/1/2023) dini hari.  Dua sungai yang berada di dua desa tersebut meluap sehingga mengakibatkan banjir dan merendam jalan hingga rumah-rumah warga.

“Penyebab banjir lantaran sungai Poting dan sungai Kluwut meluap dan memasuki pemukiman masyarakat. Ketinggian air di pemukiman masyarakat sekitar 20 Cm – 70 Cm,” kata Ibnu Setiadi.

Ia mengimbau, kepada masyarakat di dua desa itu, khususnya, agar tetap siaga luapan banjir. “Kami juga sudah distribusikan bantuan logistik kepada korban terdampak banjir. Alhamdulillah saat ini banjir berangsur surut,” imbuh Kapolsek.

Sementara itu di wilayah Kecamatan Wanasari sungai Layapan yang berada di Desa Dukuhwringin meluap dan merendam kurang lebih 60 rumah. Luapan sungai terjadi lantaran mendapat kiriman akibat hujan Desa Sitanggal Kecamatan Larangan.

“Sejumlah rumah yang terdampak berada di RT 10, RT 12, RW 5 di Desa Dukuhwringin. Luapan ini diakibat kiriman air dari selatan,” kata Camat Wanasari Nurudin.

Nurudin menjelaskan air mulai menggenangi pemukiman sekitar pukul 08.00 pagi tadi. Total ada 60 rumah yang terdampak akibat limpasan sungai tersebut dengan ketinggian kurang lebih mencapai 50 centimeter (Cm)

“Tahun ini rencananya sedimentasi di sungai Layapan akan dikeruk. Dengan harapan, aliran air bisa lancar dan tidak terjadi limpasan lagi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *