Pimpin Apel Perdana, Kapolres Brebes Minta Anggota Polri Jadi Polisi Andalan

Brebes – Kapolres Brebes AKBP Achmad Oka Mahendra mengajak kepada seluruh personel Polri dijajaran Polres Brebes untuk bisa menjadi Polisi yang ‘Andal’ (Andalan). Hal tersebut disampaikan Kapolres saat memimpin apel perdana yang dilangsungkan di halaman Apel Mapolres Brebes, Senin (29/7/2024).

Dihadapan para pejabat Utama (PJU) Polres, Kapolsek jajaran dan seluruh anggota Polres Brebes, mantan Kapolres Semarang tersebut menyebutkan bahwa Andal dapat diartikan sebagai anggota Polri harus Optimal, Integritas, Cerdas, Empati dan Loyal.

Achmad Oka Mahendra menyebutkan Optimal dapat dimaknai setiap anggota harus mampu menjabarkan setiap perintah serta dapat melaksanakan tugasnya secara maksimal. Integritas disebutkan, seseorang yang dapat diberi kepercayaan lebih dan dapat melaksanakanya. Hal ini didasarkan pada kesesuaian antara perilaku dan ucapannya.

“Integritas mencerminkan seseorang dengan suatu ciri yang transparan, bertanggungjawab, dan objektif,” ucapnya.

Kemudian, Cerdas yang mempunyai makna seseorang yang apabila diberikan tugas cepat memahami sesuatu dan memiliki pengetahuan dan koneksi yang luas. Selanjutnya Empati, dapat diartikan mengetahui apa yang dirasakan dan dibutuhkan oleh masyarakat.

“Diharapkan setiap anggota Polres Brebes dapat bertindak sesuai dengan harapan masyarakat. Dengan demikian Polri akan dicintai oleh masyarakat,” lanjutnya.

Dan yang terakhir adalah Loyal, dimana merupakan kesetiaan dan pengabdian atas kepercayaan yang diberikan oleh lembaga. “Yang di dalam pelaksanaannya terdapat rasa cinta dan tanggung jawab untuk berusaha memberikan pelayanan dan perilaku yang terbaik,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menekankan kepada seluruh anggota untuk selalu menjadi Polri yang profesional yaitu personil Polri yang memahami tugas pokoknya, sesuai bidang tugasnya masing-masing.
“Dalam pelaksanaan tugas tidak perlu mencari jabatan atau mencari perhatian pimpinan, cukup laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Dari hal tersebut pimpinan akan menilai di mana tempat yang tepat bagi anda,” terangnya.

Dirinya juga menyampaikan beberapa pesan kepada anggota yang hadir, dimana setiap Bagian, Satuan maupun Fungsi di Polres Brebes merupakan satuan yang saling mengisi satu dan lain.

“Tidak ada Bagian, Satuan dan fungsi yang spesial di Polres Brebes ini, semua ada keterkaitan, semua ada kesinambungan dalam menjalankan tugas Kepolisian terutama pelayanan kepada Masyarakat. Jadilan sebagai anggota Polri yang Andal dan bisa diandalkan sehingga keberadaan dan kehadiranya bisa dirasakan dan bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya. (Hms).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *