Kunjungi SMKN 1 Tonjong, Kanit Binmas Latih Patroli Keamanan Sekolah

Brebes – Polsek Tonjong Polres Brebes kembali melaksanakan kegiatan Police Goes to School dengan berkunjung disekolah yang ada diwilayah Kecamatan Tonjong guna memberikan bimbingan dan pembinaan terkait Harkamtibmas di lingkungan sekolah.

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Kapolsek Tonjong Iptu Teguh Adi Winarko yang diwakili oleh Kanit Binmas Aiptu Joko ST yang melaksanakan pembinaan dan pemberian materi kepada 30 (tigapuluh) siswa dan siswi kelas X dari SMK N 01 Tonjong Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah setempat, yakni Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

PKS sendiri adalah salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler yang umum ditemui di sekolah-sekolah di Indonesia. Dimana tugas PKS salah satunya adalah mengatur lalu lintas dilingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah, terutama pada saat menyebrangkan siswa-siswi yang akan menuju kesekolah maupun yang akan meninggalkan sekolah.

Kanit Binmas Aiptu Joko ST mengatakan kegiatan pelatihan terhadap PKS ini merupakan bagian dari Pendidikan Masyarakat (Dikmas|) dalam bidang lalu lintas dengan maksud sebagai bagian dari usaha untuk menumbuhkan pengertian, dukungan serta keikutsertaan masyarakat agar aktif dalam upaya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

”Adapaun sasaran pembinaan dan penyuluhan bisa kepada pelajar, masyarakat, sekolah serta kelompok-kelompok masyarakat yang tergabung dalam suatu organisasi tentang lalu lintas. Hari ini kita melaksanakan pembinaan kepada pelajar di SMK N 1 Tonjong yang tergabung dalam Patroli Keamanan Sekolah,” jelasanya Rabu (11/1/2023).

Adapun materi yang disampaikan saat pelatihan berupa baris berbaris, sosialisasi tertib berlalu lintas dan dua belas gerakan pengaturan lalu lintas untuk dikuasai secara mahir sebagai bekal untuk pelaksanaan tugas dilapangan serta Tugas tugas Patroli Keamanan Sekolah (PKS)

“Selama kegiatan berjalan dengan tertib, lancar dan aman. Harapanya pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan mengaplikasikanya dalam kehidupan berlalu lintas sehari-hari serta membantu keamanan dilingkungan sekolah,” jelasnya. (H)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *