Ciptakan Lingkungan Sekolah Aman, Polres Brebes Gelar Bimtek Patroli Keamanan Sekolah

Brebes – Satuan laluintas (Satlantas) Polres Brebes kembali mengajak para pelajar utuk disiplin dan menjadi pelopor keselamatan lalulintas dijalan raya.

Hal tesebut disampaikan oleh jajaran Satlantas saat menggelar sosialisasi dan pemberian materi dalam acara pembinaan teknis kepada anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di Kabupaten Brebes yang dilaksanakan di aula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bulakamba belum lama ini.

Kegiatan diiukuti oleh ratusan pelajar SMA/SMK Se-kabupaten Brebes yang merupakan perwakilan dari setiap masing – masing kecamatan.

Kapolres Brebes AKBP Achmad Oka Mahendra melalui Kasat Lantas AKP Rahandy Gusti Pradana dalam keteranganya yang disampaikan Kamis (12/9/2024) mengungkapkan pembinaan ini dilaksanakan dengan tujuan menumbuhkan kedisiplinan pada siswa – siswi saat membantu dan mengatur lalulintas pada lingkungan sekolah.

“Untuk menjadi PKS diperlukan kedisiplinan yang tinggi dan tugas utama PKS yaitu mengatur lalulintas pada lingkungan sekolah dan sekitar sekolah, hal ini dilakukan terutama saat menyebrangkan siswa – siswi saat berangkat maupun pulang sekolah,” ungkap Kasat Lantas.

Rahandy menyebut dengan adanya anggota PKS, selain untuk melindungi dan mengamankan lingkungan intern sekolah guna mendukung proses belajar mengajar, mereka juga membantu tugas Polisi dalam menyelenggarakan, menciptakan dan memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungan intern sekolah masing-masing.

“Melalui pelatihan ini diharapkan para pelajar mampu dan bisa bebuat yang positif bagi dirinya dan teman-temannya di lingkungan sekolah maupun masyarakat, terutama di bidang lalu lintas untuk membantu terciptanya keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta menerima materi yang disampaikan oleh Kanit Kamsel Satlantas Polres Brebes diantaranya sosialisasi UU nomor 22 Tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan. Kemudian materi Dikmas lantas tentang 3 hal potensi bahaya, potensi resiko, dan tindakan tindakan antisipasi serta pengetahuan olah TP TKP Kecelakaan Lalulintas dan materi mencegah bullying & kenakalan remaja. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *