Bentuk Karakter Pelajar, Polres Brebes Serentak Lakukan Hal Ini

Brebes – Polres Brebes Polda Jawa Tengah secara serentak menggelar kegiatan pembinaan dan pembentukan karakter kepada pelajar di Kabupaten Brebes dengan menjadi pembina upacara disekolah – sekolah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak mulai hari ini, Senin (2/9/2024) dengan melibatkan jajaran Forkopimda, Forkpimca, dan TNI Polri yang tgurun langsung ke sekolah – sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA di wilayah Kabupaten Brebes.

“Kegiatan Pembinaan Karakter pelajar ini merupakan program dari Polres Brebes dalam rangka meningkatkan cinta tanah air, mencegah kenakalan remaja dan meningkatkan motivasi pelajar di Kabupaten Brebes,” kata Kapolres Brebes AKBP Achmad Oka Mahendra saat menjadi Pembina Upacara di SMA Negeri 2 Brebes, Senin 2 September 2024.

Disebutkan Kapolres dihadapan ratusan pelajar dan para Guru bahwa upacara bendera ini adalah salah satu media untuk membina karakter dan kepribadian sebagai manuasi dan warga negara yang baik sesia dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Disamping itu, melalui upacara ini membuktikan bahwa kita sebagai anak bangsa, cinta terhadap tanah air Indonesia,” ucap Kapolres Brebes.

Menyikapi perkembangan digital dan kecanggihan jaman salah satunya dengan mudah mendapat informasi, Oka berpesan, jangan sampai kita terlena dan melupakan mana hal yang baik dan yang buruk sehingga bisa menyebabkan boomerang bagi dirinya sendiri.

“Saya berpesan kepada pelajar untuk bisa memilih dalam bergaul serta cegah dan hindari perbuatan – perbuatan yang tidak terpuji,” pesanya.

Diungkapkan Kapolres, beberapa perbuatan yang tidak baik dan bisa berhadapan dengan hukum diantaranya adalah penyalahgunaan Narkoba, Kenakalan remaja.

“Penyalahgunaan Narkoba tidak hanya bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental, tapi juga dapat menimbulkan masalah dalam pendidikan hubungan sosial dan tidak menutup kemungkinan mengarah dalam tindakan kriminalitas yang tentunya akan menghabambat para pelajar untuk meraih cita – cita dimasa depan,” terang Oka.

Adapun kenakalan remaja yang perlu dihindari oleh para pelajar, dicontohkan Kapolres Brebes diantaranya adalah pergaulan bebas, mengkonsumsi miras, kebutan – kebutan dijalan dan aksi genk motor.

“Oleh karena itu, agar para pelajar tidak terjerumus dalam kenakalan remaja isi waktu luang dengan mengikuti kegiatan yang positif diantaranya kegiatan keagamaan, kebudayaan dan olahraga serta kegiatan ekstrakulikuler yang ada disekolah seperti pramuka dan patroli keamanan sekolah dan kegiatan positif lainya,” lanjutnya.

Masih kata Kapolres Brebes, pihaknya meminta kepada para pelajar agar tidak melakukan aksi bullying dilingkungan sekolah maupun dilingkungan tempat tinggalnya.

Diakhir kegiatan, Kapolres menekankan tugas pokok pelajar adalah belajar menuntut ilmu dan mengikuti proses belajar dengan baik, disiplin serta taat terhadap arahan dan petunjuk dari para guru.

“Dipundak adik – adik sekalian bagaimana cerminan masa depan bangsa dan berharap tentunya para pelajar akan menjadikan bangsa ini jauh klebih baik dan lebih bermartabat dimasa depan serta dapat bermanfaat bagi orang laian dan bisa diandalkan,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa kegiatan pembentukan karakter ini dengan menjadi pembina upacara disekolah oleh Polri, TNI maupun Pemkab Brebes tidak hanya di SMA 2 Brebes saja, melainkan dilakukan secara serentak oleh Pejabat Utama Polres Brebes dan Kapolsek di 17 kecamatan se-Kabupaten Brebes mulai dri SD hingga SMA.

Hadir dalam kegiatan pembinaan dan pembentukan karakter di SMA 2 Brebes, Kapolres Brebes, Kasdim 0713 Brebes, Kasat Narkoba, Kasat Lantas Polres Brebes, Para Guru dan pelajar. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *