Wujudkan Pilkada Damai, Kapolres Brebes Gelar Silaturahmi Bersama MUI

Brebes – Polres Brebes Polda Jawa Tengah menggelar Silaturahmi bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) se Kabupaten Brebes yang digelar di aula gedung DPRD Brebes, Rabu (9/10/2024).

Kegiatan dihadiri oleh Kapolres Brebes AKBP Achmad Oka Mahendra, Pj Bupati Brebes Ir. Djoko Gunawan dan Ketua MUI Brebes KH. Sholahudin Masruri dan diikuti Ketua serta Sekretaris MUI Tingkat kecamatan.

Acara silaturahmi ini membahas mengenai tahapan Pilkada 2024 yang aman damai dan kondusif.

Kapolres Brebes AKBP Achmad Oka Mahendra menyampaikan bahwa Polri berkewajiban memelihara keamanan ketertiban di masyarakat. Namun untuk mewujudkan hal tersebut perlu peran serta dari masyarakat, khususnya dengan adanya himbauan dari tokoh-tokoh ulama.

“Oleh karena itu, kami memohon bantuan kepada para tokoh ulama untuk dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait menjaga dan menciptakan situasi kamtibmas tetap aman dan damai di wilayah Brebes selama rangkaian pelaksanaan Pilkada 2024,” kata Kapolres dalam sambutanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelayanan kepada masyarakat masih belum maksimal. Pihaknya akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Brebes.

Terkait kedepannya dan apabila terdapat permasalahan yang berdampak pada situasi kamtibmas, AKBP Oka juga berpesan dapat segera disampaikan kepadanya maupun kapolsek baik secara langsung untuk segera ditindak lanjuti.

Senada dengan Kapolres, Pj Bupati Brebes Ir. Djoko Gunawan mengatakan memasuki tahapan pilkada 2024 ini tingkat terjadinya kerawanan dan permasalahan dimasyarakat sangat rentan.

Oleh karenya, agar terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan damai, pihaknya mengungkapkan hal tersebut dapat terjadi dengan adanya kesadaran untuk senantiasa menjaga keharmonisan dari segenap komponen masyarakat termasuk di antaranya sumber pikir dari para cendekiawan dan rekan-rekan MUI Kabupaten Brebes.

“Untuk itu saya mengajak saudara-saudara dari MUI Kabupaten Brebes dan jajaran ulama tingkat Kecamatan untuk dapat bersama-sama menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan damai,” ugkap Pj Bupati Brebes.

Disebutkan Pj Bupati, sampai dengan saat ini MUI Brebes sudah memberikan kontribusi nyata yang cukup besar dalam menjaga pemelihara kualitas keagamaan dan pendidikan masyarakat.

Hal tersebut, lanjut Djoko tentunya bisa menjadi pelopor tercepat untuk memperkuat nilai-nilai Islam kepada seluruh umat dengan tantangan adanya informasi dan komunikasi era global yang dapat digunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi-informasi yang tidak jelas kebenarannya dan cenderung mengadu domba antar kelompok masyarakat dan tentunya dapat mengancam kesatuan dan persatuan bangsa.

“Saya meyakini MUI Kabupaten Brebes mampu merajut ruang serta menjadi pemecah masalah dengan berpikir kritis kreatif dan menciptakan inovasi membangun bangsa,” tandasnya.

Kegiatan silaturahmi ini juga mendapat respon positif dari Ketua MUI Kabupaten Brebes KH. Sholahudin Masruri.

Melalui kegiatan ini ia berharap situasi Kamtibmas Kaupaten Brebes dapat berjalan damai dan kondusif. Dirinya menegaskan, jangan sampai perbedaan pilihan dapat merusak tatanan kehidupan ditengah masyarakat.

“Bahwa kami para tokoh ulama tentunya akan bersama-sama dengan Polri dalam mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan damai di wilayah Brebes, khususnya selama pelaksanaan Pilkada 2024,” terang Ketua MUI Brebes KH. Sholahudin Masruri.

Kegiatan yang juga dihadiri Wakapolres Brebes Kompol Dodiawan, PJU Polres, Kapolsek jajaran, Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten Brebes tersebut sepakat memperkuat sinergi demi menjaga Kamtibmas yang kondusif selama Pilkada 2024 di Kabupaten Brebes. (Hms).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *