Polda Jateng Gencarkan Giat Humanis; Wujudkan Kamseltibcarlantas Jelang Masa Kampanye

Tanamkan Kesadaran Berlalu Lintas Melalui Kegiatan Humanis, Upaya Polda Jateng Wujudkan Kampanye Pilkada Yang Aman

Polda Jateng-Kota Semarang | Dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas), Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng terus mengintensifkan kegiatan yang bersifat preemtif, preventif, dan represif melalui pendekatan yang humanis. Dirlantas Kombes Pol Sonny Irawan menyebut langkah ini bertujuan meningkatkan kepercayaan masyarakat dan
membangun hubungan positif antara masyarakat dan Polda Jateng.

“Kegiatan humanis yang kami laksanakan adalah bentuk upaya preventif agar masyarakat merasa nyaman dan aman. Polantas hadir sebagai sahabat masyarakat, bukan hanya sebagai penegak hukum, tapi juga sebagai pengayom masyarakat,” jelas Kombes Pol. Sonny pada Rabu (18/9/2024) di Mapolda Jateng.

Setiap harinya, jajaran Ditlantas Polda Jateng dan jajaran di wilayah menggelar berbagai kegiatan, di antaranya Mengambil peran sebagai inspektur upacara di sekolah-sekolah dengan tema Polantas Sahabat Masyarakat, serta mengunjungi korban kecelakaan lalu lintas sebagai bentuk kepedulian sosial pada setiap hari Senin.

Setiap hari Selasa pihaknya juga menggelar pengecekan kesehatan untuk pengemudi dan berdiskusi dengan pengendara ojek online maupun ojek pangkalan. Diikuti dengan penggelaran strong point pagi dengan kehadiran badut zebra, serta kunjungan Polsanak (Polisi Sahabat Anak) ke sekolah atau kantor Satlantas pada setiap hari Rabu.

Berbagai kegiatan patroli humanis dan kegiatan positif lainnya juga dilaksanakan di area pelayanan publik setiap Kamis. Sedangkan pada hari Jumat, kegiatan sosial seperti berbagi dalam program Jumat Berkah, bakti religi, serta membersihkan tempat ibadah juga dilakukan serentak bersama jajaran.

Di setiap akhir pekan hari Sabtu dan Minggu, pihaknya menggelar berbagai kegiatan dan pertemuan dengan menggandeng sejumlah kelompok masyarakat dan komunitas otomotis dalam momen car free night dan car free day.

Kombes Pol. Sonny Irawan berharap pendekatan humanis yang bertujuan mengedukasi masyarakat ini mampu menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan menanamkan kesadaran untuk tertib berlalu lintas.

” Kami ingin masyarakat tahu bahwa Polantas tidak hanya berfokus pada penindakan, tetapi juga pada pendidikan dan kemanusiaan. Harapannya, masyarakat dapat lebih sadar pentingnya tertib berlalu lintas,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Artanto, mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menciptakan ketertiban lalu lintas. Kesadaran masyakarat untuk tertib berlalu lintas akan mendukung terwujudnya proses Pilkada yang aman dan damai khususnya selama masa kampanye mendatang.

“Kami mengajak masyarakat untuk lebih disiplin dalam berlalu lintas. Patuhilah aturan yang ada demi keselamatan bersama. Mari kita wujudkan lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar untuk mendukung situasi Kamtibmas yang kondusif, terutama menjelang Pilkada Jawa Tengah 2024 yang damai,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *