Polres Brebes Siapkan Walpri Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Brebes

Brebes – Dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Polres Brebes akan menerjunkan personel pengawal pribadi (Walpri) bagi pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kabupaten Brebes saat Pilkada 2024.

Puluhan personel telah disipakan secara khusus dan mereka juga telah mengikuti seleksi serta pelatihan Walpri yang digelar tingkat Polda Jawa Tengah. Para personel akan bergantian melakukan pengawalan melekat kepada masing-masing calon hingga tahapan Pilkada selesai.

Kapolres Brebes AKBP Achmad Oka Mahendra melalui Kabag Ops Kompol Suraedi usai memimpin apel personel yang tergabung dalam satuan tugas (Satgas) Walpri Operasi Mantap Praja Candi 2024 menjelaskan pengawalan khusus kepada pasangan calon dilakukan setelah ada penetapan pasangan calon dari KPU Kabupaten Brebes.

Disampaikan Suraedi, sebanyak 30 (tiga puluh) personel telah disipakan sebagai Satgas Walpri. Namun sampai dengan saat ini, hanya satu pasangan yakni Paramitha-Wurja menjadi satu-satunya pasangan yang mendaftar Pilbup Brebes.

Oleh karenanya, pihaknya telah menetukan bahwa masing – masing calon akan dikawal 6 (enam) personel. Dengan rincian, 4 (personel) Walpri melekat dan 2 (dua) personel melaksanakan penjagaan di masing – masing kediaman pasangan calon Bupati dan Wakil bupati Kabupaten Brebes.

“Masing-masing pasangan calon nanti ada enam personel. Walpri tersebut melekat setelah penetapan sampai seterusnya tahapan Pilkada selesai. Kami ingin memastikan bahwa setiap calon kepala daerah mendapatkan pengawalan yang profesional dan berkompeten,” kata Kompol Suraedi, Selasa (10/9/2024) usai memimpin Apel kesiapan Satgas Walpri di Mapolres Brebes.

Selain Walpri  pasangan calon, Kabag Ops menambahkan pihaknya juga menyiapkan 4 (empat) personel khusus untuk melakukan pengawalan secara mobile terhadap Komisioner KPU dan Bawaslu. “Empat personel juga kami siapkan untuk mengawal para Komisioner,” imbuh Kabag Ops.

Terkait dengan rangkaian tahapan Pilkada serentak 2024, Kabag Ops menjelaskan Polres Brebes berkomitmen untuk terus meningkatkan kesiapan personelnya dalam rangka menyukseskan Pilkada Serentak 2024 di wilayah hukum Polres Brebes. Termasuk melakukan pengamanan di kantor KPU maupun Bawaslu Brebes.Personel bergiliran menjaga kedua kantor bersama personel pengamanan lainnya, termasuk juga pengamanan gudang Logistik.

“Ini merupakan tugas yang harus dilaksanakan selama Operasi Mantap Praja 2024 dalam rangka Pilkada serentak untuk memastikan dan menjaga keamanan, ketertiban wilayah Kabupaten Brebes sehingga pelaksanaan Pilkada berlangsung aman dan kondusif,” pungkasnya. (Hms).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *