Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Candi 2024 di Brebes : Sinergi, Kolaborasi dan Soliditas Kunci Sukses Pelaksanaan Pilkada

Brebes – Polres Brebes Polda Jawa Tengah menggelar apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2024 dalam rangka pemilihan kepala daerah serentak provinsi Jawa Tengah, yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Kegiatan dilaksanakan di Alun – alun Brebes dengan pimpinan apel Pj Bupati Brebes Iwannudin Iskandar, Jumat (23/8/2024) sore.

Iwannudin Iskandar mengatakan dalam sambutanya apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan kesiapan personel maupun sarpras operasi mantap praja tahun 2024, sehingga pilkada tahun 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

“Pilkada merupakan kalender kamtibmas setiap 5 tahun sekali, dimana merupakan arena kontestasi yang sah dan legal untuk meraih dan mempertahankan kekuasaan yang di lindungi oleh undang undang. Melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen tentunya harus berpatisipasi penuh guna menyukseskan Pilkada 2024, terlebih lagi Pilkada tahun 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Oleh sebab itu, menurut Pj Bupati Brebes, guna mengamankan Pilkada 2024 maka Polri di dukung TNI, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menggelar “Operasi Mantap Praja Tahun 2024”.

“Operasi ini dilaksanakan selama 112 hari sejak 27 Agustus 2024 sampai dengan 25 Februari 2025,” kata Pj Bupati.

Iwannudin Iskandar juga menyebutkan ada 5 (lima) kunci keberhasilan dan kesuksesan pengamanan pilkada tahun 2024. Diantaranya Regulasi yang jelas, Logistik tepat waktu dengan pemanfaatan produk dalam negeri. Kemudian penyelenggaraan yang profesional, berintegritas dan netral, peserta pemilu yang kompeten dan pentingnya peran pemilih.

Pj Bupati juga mengatakan terdapat potensi kerawanan yang harus diantisipasi selama tahapan Pilkada. Diantaranya gangguan terhadap pendaftaran peserta, penyelenggara, distribusi logistik, pelaksanaan kampanye Pilkada tahun 2024 dan gangguan pada saat masa tenang, pemungutan suara, perhitungan suara, penetapan pemenang dan pelantikan Pilkada tahun 2025.

Oleh karena itu, pihaknya meminta adanya sinergi dengan seluruh stakeholder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada.

“Dengan stategi kolaborasi, integritas dan sinergitas antara forkopimda Brebes dengan penyelenggara Pilkada akan terwujudnya Pilkada 2024 yang berkualitas dengan hasil diharapkan pemimpin terpilih mampu mempimpin guna mewujudkan Nusantara baru indonesia maju,” terangnya.

Diakhir sambutanya, Iwannudin Iskandar mengharapkan kepada seluruh anggota untuk melaksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai sop dengan menerapkan buddy system guna menjamin keselamatan personel.

Dengan waktu pelaksanaan operasi yang sangat panjang, pihaknya juga meminta untuk mengedepankan komunikasi publik dan upaya cooling system, agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan pilkada 2024 dan terhindar dari polarisasi.

” Tingkatkan sinergisitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Brebes, Dandim 0713 Brebes bersama jajaran Forkopimda dan tamu undangan dari instansi dan dinas terkait serta pasukan apel terdiri dari TNI Polri, Satpol PP, Dishub dan Dinas Kesehatan.

Usai apel juga dilaksanakan pengecekan kendaraan dinas yang digunakan sebagai sarana dan prasarana penunjang untuk mendukung selama kegiatan operasi berlangsung. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *