Hujan Dengan Intensitas Tinggi Di Bantarkawung Sebabkan Beberapa Wilayah Longsor

Brebes – Hujan dengan intensitas tinggi membuat tektur tanah menjadi gembur dan longsor di beberapa lokasi di wilayah kec. Bantarkawung, Pada hari Rabu tanggal 16 november 2022 dari pukul 16.00 wib s/d 19.30 wib mengaibatkan terjadi longsoran tanah ada yang menutupi sebagian jalan di desa ada yg menutup jalan sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan baik roda 2 maupun 4. Adapun kejadian longsor terjadi antara pukul 17.00 wib – 18.30 wib.

Kapolsek bantarkawung Iptu Ahmad S. menjelaskan Adapun beberapa akses jalan yang tertutup mateial tanah sudah dibersihkan secara gotong royong oleh warga, anggota polsek Bantarkawung, Koramil12, Perhutani, BPBD , trantib kec. Bantarkawung, begitu juga dengan matrial longsoran yang dekat perumahan warga juga sudah mulai dibenahi secara gotong royong.

Beberapa Titik diantaranya :

  • Desa Ciomas, Tebing tanah milik perhutani petak 67 termasuk  diblok Cidaun DesaCiomas, mengalami longsor dan mateial tanah menutupi jalan  yang mengubungkan Desa Ciomas dengan Desa Tambakserang. Longsoran tebing setinggi 8 Lebar 5 panjang 15 m
  • Desa Jipang di Dk. Cikokol Rt. 07/06 sebanyak 4 titik tebing/talud longsor.
  • Desa  Bantarkawung, talud jalan longsor di dk. Pakiringan dengan dimensi panjang 6 m lebar5 m dalam 10 m.
  • Desa Tambakserang  Tebing tanah perhutani longsor dan menutup jalan yg mengubungkan dk. kampung baru dengan dk. tambakserang.
  • Desa Pangebatan
  • dk  Cimadil Blok Korawa mengalami tebing area hutan pinus petak 64 terkikis  dan matrial tanah  menutup jalan yg menghubungkan ds. Bantarkawung  dengan ds. Tambakserang.
  • Jembatan dk. Cimadil mengalami retak.
  • Rumah mengalami retak karen talud penahan sungai cilakar mengalami longsor.
  • Desa Telaga, Talud penahan jalan di blok tengah termasuk rt. 02/01. mengalami longsor.

Petugas gabungan melakukan pengecekan, pendataan dan membantu warga melakukan pembersihan matrial tanah longsoran. Memasang tanda bahaya dilokasi longsor.dan Memberikan himbauan pada warga untuk selalu hati2 waspada selama musim penghujan ini, terutama bagi warga yang rumahnya dekat tebing, begitu jga terhadap pengguna jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *