Polres Brebes Bersama DPKH Intensif Cegah Penyebaran PMK

Polresbrebesnews.com – Polres Brebes Bersama Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah kandang hewan ternak milik warga. Tindakan itu dilakukan sebagai upaya pencegahan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di daerah setempat, Kamis (07/07).

Penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan untuk mensterilisasikan tempat kandang peternak hewan dan pencegahan wabah PMK jelang Idul Adha, penyakit mulut dan kuku ini cukup meresehkan peternak hingga mengancam kerugian materil jika ada hewannya yang terjangkit virus PMK hingga sampai mati mendadak karena wabah tersebut.

Disamping itu Satgas Penyuluhan Polres Brebes bersama Petugas DPKH Kabupaten Brebes menyambangi kandang peternak milik warga serta memberikan sosialisasi seperti pembersihan kandang atau tempat pakan dengan metode pengasapan sebagai upaya pencegahan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Sementara itu, Kasat Samapta Polres Brebes mengatakan, pihaknya hingga kini terus melakukan langkah – langkah baik preemntif maupun preventif antisipasi bila ditemukan penyakit PMK.

“Masih terus melakukan langkah antisipasi dan upaya pencegahan dengan melakukan pemeriksaan hewan ternak yang ada serta melakukan penyemprotan disinfektan, serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” kata AKP Suraedi.

Saat ini, upaya pencegahan yang dilakukan hanyalah penyemprotan kandang dengan disinfektan dan penyuluhan akan ciri-ciri hewan yang sudah terinfeksi.

“Kita bersama sudah melakukan upaya pencegahan PMK, pada hari ini kita lakukan penyemprotan di kandang, lalu memberi penyuluhan kepada peternak, jika ada gejala PMK itu segera dilaporkan, sekarang masih belum ada kasus,”sebutnya.

Lanjut Suraedi, diharapkan masyarakat tidak perlu takut dalam penanganan wabah PMK di Wilayah Kabupaten Brebes.“Kami menghimbau kepada peternak agar teteap waspada agar tidak panik dalam menghadapi virus PMK, jaga kebersihan kandang dan kebersih hewan ternak.”Pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *